Trending

Sektor Utama Ekonomi Nasional, Pariwisata Akan Menjadi Penghasil Devisa Terbesar

Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa dan primadona bagi wisatawan Nusantara dan mancanegara. Tidak salah jika pariwisata ditetapkan sebagai sektor utama ekonomi nasional.

Ya, pariwisata memang menjadi sektor yang menjanjikan saat ini. Bahkan, pariwisata akan menjadi penghasil devisa terbesar nantinya.

“Tahun 2018, devisa sektor pariwisata sebesar 19,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Untuk 2019, kita proyeksikan 20 miliar dolar AS,” tutur Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti kepada iNews.id, Senin (9/9/2019).

Ditetapkannya pariwisata sebagai sektor utama ekonomi nasional, memang bukan tanpa alasan. Belakangan ini, pariwisata di Indonesia memang tumbuh pesat.

Menurut Guntur, pariwisata selalu menjanjikan. Tidak hanya memberikan dampak langsung pada devisa dari kunjungan wisman, tetapi juga produk domestik bruto (PDB) dari pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) dan membuka lapangan kerja di sektor-sektor yang terkait dengan pariwisata.

Dengan potensi pariwisata yang dimiliki, tentu saja lebih mudah untuk mengaet turis semakin banyak berkunjung ke Indonesia. Termasuk juga memikat para investor.

Ini pula yang sudah banyak dilakukan selama lima tahun belakangan ini dalam menarik wisatawan dan investor.

“Sektor pariwisata saat ini telah ditetapkan menjadi core ekonomi bangsa. Pertumbuhannya semakin meroket dengan dukungan infrastruktur yang terus berkembang pesat. Hal ini jelas memacu pertumbuhan investasi di sektor pariwisata,” kata Guntur.

Menurutnya, pariwisata semakin terlihat seksi di mata investor. Hingga kuartal I tahun 2018, nilai realisasi investasi pariwisata sudah mencapai 21,67 persen atau 433,5 juta dolar AS.

“Dengan pertumbuhan yang besar, dipastikan pariwisata akan menjadi sumber devisa terbesar Indonesia. Alasannya, Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa. Untuk itu, investasi di sektor pariwisata jelas akan menguntungkan,” ucapnya.

Guntur menegaskan bahwa investasi di Indonesia untuk pariwisata pasti bikin untung. Pasalnya, pariwisata merupakan salah satu leading sector di Indonesia.

“Komitmenya jelas. Potensinya berlimpah. Apalagi saat ini investor asing telah banyak yang melirik. Jadi, investor lokal kalau masih ragu berinvestasi di sektor pariwisata, ya rugi. Masuk sekarang sebelum terlambat,” katanya.

Show More
Back to top button
Close